Friday, October 18, 2024

Jenis Konten Yang Akan Terkena Klaim Hak Cipta di YouTube


Era digital semakin memudahkan perlindungan hak cipta melalui Content Id yang secara otomatis men-scan videos di YouTube. Meski demikian, beberapa pertanyaan muncul dari benak video creator, bahkan Artist atau musisi yang videonya terklaim oleh lagu ciptaan sendiri dan merasa tidak dapat dimonetisasi.

Video yang terkena klaim tersebut berarti sedang dimonetisasi oleh pemilik Hak Cipta melalui aggregatornya. Perlu diketahui bahwa klaim hak cipta adalah hal baik, menandakan kebekerjaan Content Id menemukan kecocokan referensi master rekaman pada videos yang diupload di YouTube. Selain melindungi pemilik hak cipta dengan pilihan blokir, klaim content id berfungsi melacak statistik dan penayangan video terklaim.

Video reupload

Pemegang hak cipta dapat memonetisasi videos reupload yang mengandung musiknya dengan copyright claim selama Content Id-nya diaktifkan dengan cara rilis digital melalui music aggregator.

YouTube Shorts

Hak cipta lagu/musik dapat mengklaim videos yang diupload di YouTube, baik short maupun long videos. Monetasi YouTube Shorts melalui copyright claim dan tayangan iklan yang terletak antara minimal 5 shorts videos.

Backsound

Copyright claim bekerja pada videos yang mengandung musik ber-Content Id, termasuk backsound yang melekat pada videos. 

Add Comments


EmoticonEmoticon

Note: Only a member of this blog may post a comment.