Saturday, August 10, 2024

Tentang TikTok Sound Library


Banyak lagu sampai tren viral berasal dari sini. Serupa Instagram Musik, TikTok Sound Library adalah tempat berbagai musik dan lagu bagus sarat kualitas dikumpulkan dalam satu katalog melalui fitur media sosial. Bedanya bila Instagram Musik melekat pada Instagram dan Facebook, fitur satu ini sudah terdeteksi dari namanya, TikTok.

Tentu masih jelas dalam benak bagaimana Kita Bikin Romantis milik Maliq & D'Essenstials menjadi musik latar paling banyak dijumpai di linimasa dengan berbagai versi postingan dan kreativitas masing-masing user. Belum lama ini, Dari Planet Lain Sal Priadi juga tak kalah terang-terangan merebut perhatian. Sedikit ke belakang, Aku, Kamu dan Samudera dari Band Punk-Rock Rebellion Rose memutus stigma konvensional bahwa band atau musisi yang layak harus melalui jalur major label.

Tidak hanya lagu, pada fitur TikTok Sound Library juga terdapat efek suara yang sedang trending, juga potongan lip-sync milik content creator lain. Melihat hal ini, ada peluang besar musik dan efek suara berpengaruh pada jangkauan audience postingan yang lebih luas.

Cara menggunakannya juga relatif mudah.
  1. Pilih konten foto maupun video yang akan diupload
  2. Klik "Add Sound" pada bagian atas layar
  3. Tampilan akan secara otomatis menuju ke halaman Sound Library
  4. Pada halaman ini ada beberapa pilihan, mulai dari rekomendasi musik dan lagu yang booming, musik-musik favorit yang sudah kita simpan, sekaligus pencarian manual judul dan nama Artist sesuai keinginan
  5. Pilih Sound yang akan dipakai sebagai music background

Dengan semakin berkembangnya era digital, TikTok Sound Library menjadi bagian penting dalam penyebarluasan konten, baik sebagai user, content creator, maupun musisi dan Artist yang menghendaki kontennya mendarat di mata banyak penonton layar smart phone. Perihal durasi juga dapat dipilih menyesuaikan foto atau video yang akan diupload, mulai dari 15 detik, 60 detik, hingga 10 menit.

Semua musik dan lagu yang terdapat pada TikTok Sound Library merupakan hasil dari konten musik yang didistribusikan oleh Music Agregator. Selain menyediakan dan mendistribusikan ke berbagai platforms media sosial, mereka juga mendistribusikan ke platform music streaming terkenal seperti Spotify, Apple Music, YouTube Music, dan lain-lain.

Add Comments


EmoticonEmoticon

Note: Only a member of this blog may post a comment.