Tuesday, August 27, 2024

Pertanyaan Seputar Klaim Hak Cipta di YouTube


Video creator sering kali menjumpai berbagai isu terkait hak cipta lagu pada video yang diupload ke YouTube. Umumnya, isu tersebut mengkhawatirkan para video creators karena membuat kontennya tidak dapat di-monetisasi. Berikut rangkuman berbagai pertanyaan dan penjelasan seputar hak cipta di YouTube.

Apa itu klaim hak cipta YouTube?

Klaim hak cipta di YouTube merupakan cara untuk menegaskan dan menjalankan aturan hukum terhadap pelanggaran hak cipta, bertujuan untuk melindungi pemilik hak cipta dari penyalahgunaan konten, baik berupa foto, audio, maupun video.

Setiap pemilik hak cipta di YouTube dapat melakukan permintaan penghapusan terhadap video yang dianggap melanggar melalui Content Id, sistem identifikasi otomatis untuk mendeteksi dan mengelola hak cipta. Content Id bekerja berdasarkan kesamaan konten dengan cara scanning, apabila terdapat kecocokan maka akan terklaim Content Id.

Apa yang dimaksud copyright lagu?

Lagu-lagu yang dirilis digital dan diaktifkan Content Id-nya akan mengandung copyright, hal ini bertujuan untuk melindungi hak pemilik lagu. Dengan cara ini, setiap video yang diupload ke YouTube dan mengandung lagu ber-copyright akan otomatis terklaim. Copyright claim berbeda dengan permintaan penghapusan, karena bukan merupakan bentuk teguran pelanggaran hak cipta.

Apa yang terjadi jika video terkena Copyright?

Copyright claim adalah pertanda baik, merupakan bentuk kebekerjaan Content Id dalam mendeteksi dan menemukan kecocokan referensi master rekaman dalam videos.

Pada video terklaim copyright, ada tiga opsi yang dapat dipilih sebagai langkah tindakan:
  • Memblokir, bertujuan agar video tidak dapat diputar dan ditonton.
  • Memonetisasi, bertujuan untuk menempatkan iklan pada videos terklaim dan dikoleksikan penghasilannya untuk pemilik hak cipta. Sejauh ini menjadi tindakan yang paling banyak direkomendasikan dan diambil oleh YouTube dan pemilik hak cipta karena selain melindungi juga dapat menghasilkan revenue lewat iklan.
  • Melacak, untuk memantau data statistik penayangan pada videos terklaim.

Kenapa ada iklan di YouTube yang belum dimonetisasi?

Semua videos yang terklaim copyright dapat dimonetisasi dengan menempatkan iklan, termasuk pada channel yang belum monetise atau bukan merupakan YouTube Partner Program.

Kenapa saat upload video di YouTube ada tulisan hak cipta?

Pada saat uploading, YouTube menerapkan scanning otomatis lewat audio-fingerprint untuk memastikan video tidak mengandung materi ber-copyright milik orang lain. Jika terdapat kecocokan referensi maka akan muncul sebagai konten ber-copyright.

Cara Melihat Siapa yang mengklaim hak cipta di YouTube?

Klaim hak cipta dapat dilihat melalui YouTube studio, pada halaman konten di bagian bawah keterangan judul. Dengan mengarahkan cursor ke bagian copyright terdapat informasi tetang siapa pemilik copyright, serta tindakan apa yang akan diambil. Selain itu, klaim hak cipta juga dapat dilihat publik lewat embed yang muncul pada bagian bawah kolom deskripsi video.

Add Comments


EmoticonEmoticon

Note: Only a member of this blog may post a comment.